Idea-idealy

SOTO BETAWI DARI HATI KE HATI

Share:


IDEAIDEALY.COM, Hi Dears kali ini kita akan share info tentang soto Betawi. Ini sih termasuk makanan kesukaan aku dan keluarga. Selain itu mendengar nama Betawi terasa dekat di hati soalnya dari TK sampai SMP aku tinggal di sana dan family banyak disana, jadi tambah kangen nih Dears.
History  Soto Betawi
Pada tahun 1740 banyak orang Cina yang merantau ke Batavia untuk berontak dari Belanda. Betawi memiliki keterkaitan erat antara budaya Cina dan Belanda.  Betawi adalah cikal bakal dari ibukota DKI Jakarta. Penduduk asli kota Jakarta disebut orang Betawi. Pada  abad 20 kota Batavia berkembang pesat dan berubah nama jadi Jakarta. Penduduk asli kota Jakarta sendiri saat itu, banyak yang pindah ke pinggiran kota seperti Condet, Kebayoran dan Jagakarsa. Soto Betawi dikenal oleh masyarakat umum pada tahun 1977. Soto Betawi pertama kali oleh Lie Boen Po beliau adalah penjual soto pertama yang memperkenalkan soto Betawi. Sejak saat itu soto Betawi ngehits banget diseantero kota Jakarta.

Cita rasa Soto Betawi
Soto Betawi memiliki rasa yang gurih khas dengan soto lainnya. Material Soto Betawi terdiri dari daging kentang, sapi, santan, sedikit susu, tomat, daun bawang, seledri dan bawang goreng serta emping yang renyah. Soto Betawi enak disajikan dengan nasi hangat dan teh hangat. Perpaduan rasa gurih santan dan susu membuat kuliner ini menjadi menu yang oke untuk buka puasa kamu dears..

Menu Resep Soto Betawi
Ini dia menu andalan soto Betawi dari hati ke hati aku share buat kamu Dears. Yuks simak:
·         500g daging sapi
·         Kentang, dikupas dibelah 4 bagian lalu digoreng
·         2 lembar Serai di memarkan
·         2 lembar daun salam
·         2 lembar daun jeruk
·         ½ liter santan kental
·         2 sdm Jeruk nipis /limo
·         Bawang goreng secukupnya
·         1 batang daun bawang diiris halus
·         1 sdm daun seledri
·         Garam secukupnya
·         Gula secukupnya
·         Minyak secukupnya
·         Emping melinjo

Bahan utama dalam soto betawi adalah daging sapi dan kentang. Dalam membuat soto Betawi daging  direbus dalam wadah yang terpisah. Kaldu yang digunakan dalam kuah soto betawi adalah kuah kaldu dari rebusan daging sapi. Setelah direbus, bahan bahan tersebut kemudian dipotong kecil kecil. Untuk membuat kuah soto betawi, bumbu yang harus dipersiapkan antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, cengkeh, jinten, merica dan garam. Bumbu ini dihaluskan dan di tumis dengan daun salam dan batang serai. Setelah matang, bumbu ini dicamput dengan air kaldu daging Kemudian tambahkan santan dan susu untuk melengkapi sajian soto betawi. 

Nah itu dia tips bikin soto Betawi, inget ya Dears kalo suka makanannya harus tau juga sejarahnya biar pas makannya itu merasuk kedalam hati (agak lebay maaf), karena makanan itu kan bukan cuma untuk mengenyangkan tetapi juga bentuk syukur pada pemberian sang Penciptanya dan juga bentuk apresiasi pada cita, rasa dan budaya daerah asalnya.

Semoga bermanfaat ya dears,
Salam,

#bpnchallenge2019#bpnramadhanchallenge#BPNetwork#bpnblogpostchallenge#bpn30dayblogpost#bpn30dayblogspostchallenge#kulinerbetawi#bloggerindonesia#jalanjalan#travel#wisatabudaya#indonesiatourism#indonesiaculture#day4challange#



1 komentar

lovemachoco mengatakan...

numpang share ya min ^^
bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

HEMPASKAN SEGERA KETOMBEMU

IDEAIDEALY.COM - Hi Dears kali ini aku akan share info health untuk menghilangkan ketombe dirambutmu. Cobain tips ini ya Dears b...