Idea-idealy

BUKA BERSAMA ANTARA KANGEN DAN MEMAAFKAN

Share:



IDEAIDEALY.COM Hai dears, tidak terasa sudah sampai kita di bulan yang penuh berkah ini yaitu bulan suci Ramadhan. Bahagia rasanya kita bisa bertemu dengan bulan suci ini, tentunya yang pertama adalah kita harus mengucapkan syukur alhamdulilah diberi kesempatan untuk bisa ketemu dengan bulan yang penuh ampunan dan barokah ini.

Nah pasti mau gak mau kalo di bulan puasa ini  pernah terlibat sama yang namanya acara ini.  Bahkan beberapa orang sampai harus mengatur jadwal khusus untuk mendatangi acara ini. Acara apakah itu? Yes, betul banget itu adalah acara buka bersama atau anak-anak millenial menyebutnya dengan bukber.

Apa itu Bukber?
Bukber atau buka bersama adalah acara dimana kita melaksanakan makan atau minum  secara bersama-sama. Bukber kini juga disertai dengan acara seperti berbagi bersama, membagi makanan untuk orang tak mampu, solat bersama, pengajian bersama dan lainnya. Buka bersama juga bisa menjadi ajang untuk menjalin kembali pertemanan yang mungkin karena berbagai hal sempat terputus. Ya mirip- mirip dengan reuni kecil ya..

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri-sendiri dan lingkungan sekitar menjadi tempat dimana sebagian besar  kita menghabiskan sebagian besar  waktunya. Tidak salah jika buka bersama menjadi jadwal yang memiliki tempat di hati setiap insan, yang menjalankan ibadah puasa. Sebagaian besar diantara kita mulai menyusun acara berbuka puasa dari mulai dengan keluarga, teman kantor, teman kampus, teman sekolah, tetangga, teman kompleks, anggota komunitas, grup,  teman SMA, teman SMP mungkin kalo inget temen masa SD dan TK (kalo buka bersama mantan boleh nggak ya hehe.). Semangat bertemu dan menjalin persaudaraan ini, semoga bisa meningkatkan kepedulian antara satu sama lain, juga tempat untuk minta maaf, saling menyayangi dan memeperhatikan sekitar social kita.


Manfaat gak sih bukber itu?
Nah ini dia sebagian orang mempertanyakan apa sih manfaatnya bukber? Bukannya Cuma ngabisin waktu dan seneng-seneng aja ya? Tunggu dulu dears ada manfaat yang bisa kita gali dari si bukber ini
1    
      Mempererat silaturahmi menuju kedamaian
Mungkin karena berbagai hal baik itu situasi dan kondisi juga persepsi. Terkadang kita tidak peka terhadap afeksi seseorang, atau mungkin kurang bijak dalam berkata dan bersikap.Dengan adanya bulan Ramadhan dan bukber sebagai fasilitas, hubungan sesama manusia bisa dibicarakakan dan dijalin kembali. Pertemanan yang putus atau persaudaraan yang pecah bisa kembali di perbaiki.
      
           Menjalin kerjasama untuk tujuan yang positif
Bukber tidak lepas dari kerja tim dalam mempersiapkan semua acara. Secara tidak langsung akan terjadi komunikasi dan interaksi antara yang satu dan yang lain. Disitulah rasa persaudaraan muncul, menumbuhkan sifat humanis, bentuk syukur dan saling peduli dan membantu. Bisa saja kita memiliki semuanya uang, kekayaan, pendidikan atau karier yang bagus. Namun semua itu harus diiringi dengan sikap baik sesame manusia.
3    
          Memanfaatkan waktu untuk meningkatkan kebaikan
Daripada hanya diam atau mager atau gak jelas mau kemana. Ikut acara bukber akan lebih baik. Kita akan semangat untuk beribadah karena bertemu dengan lingkungan yang positif. Mulailah dari hal terkecil dalam hidup, bertemu dengan orang baik, berfikir positif, belajar menjadi lebih baik dan menjaga hubungan dengan baik. Realisasikan semua kebaikan bahwa itu bukanlah sebuah ucapan semata namun diiringi  sikap dan tingkahlaku yang positif,  akan berdampak positif bagi kehidupan sendiri juga sekitarnya.

Jadi,  Dears met berbuka puasa bersama ya, jangan keasyikan curhatnya ya manfaatkan waktu dengan sebaiknya..

Wassalam


#bpnchallange2019
#bpnramadhanchalange
#BPNNetwork
#bpnblogspotchallange
#bpn30dayblogspot
#bpn30dayblogchallange
#wisatakuliner

7 komentar

donasaurus mengatakan...

Iya mbak Uly sampe bingung ngatur jadwal apalagi biasanya bukber weekend semuw.wkkk

ly mengatakan...

sama dong mba Dona, pernah juga bukber di 2 lokasi dalam 1 hari wkwkkw

hani mengatakan...

Aku jarang nih bukber. Paling BUKa BERdua suami. Hehe...
Pernah sih dpt undangan, saya ke mana, suami ke mana. Udah beres bukber trus suami nyamperin, baru deh pulang bareng...

uly mengatakan...

so sweeet mba Hani wkwkwk

Rosediana mengatakan...

Iya sih sebaiknya kalau ada waktu dan rezekinya diusahain dateng. Apalagi kalau udah lama gak ketemu, bisa kangen-kangen dan maaf-maafan. :D

uly mengatakan...

Ia Mba Ros memperarat persaudaraan sambil kangen2an hehe

lovemachoco mengatakan...

numpang share ya min ^^
bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

Knowledge Management (Part 1)

IDEAIDEALY.COM- Hi Dears ketemu lagi nih, sudah siap dong back to study setelah sekian lama asyiknya menikmati liburan. Kali ini akan s...