Idea-idealy

3 Passion for Blogging : Art, Education and Culture

Share:



Setiap orang memiliki karakter dan passion dalam melakukan sesuatu. Passion itulah yang menjadi alasan orang melakukan aktivitasnya dengan senang hati dan tanpa paksaan. Pernah tidak temen-temen mengerjakan sesuatu dengan perasaan senang dan tanpa beban? Pokoknya happy dan seru. Nah itulah passion, spirit atau sumber energy dimana sangat kita perlukan untuk motivasi dalam mengerjakan sesuatu. Passion itu memang berbeda beda, begitupun passion saya dalam menulis blog ini karena kesukaan terhadap 3 hal diatas yaitu seni, kebudayaan dan pendidikan.



Art : Beautiful, Feel, Sensitive
Pada awal  menulis blog Itu terdorong oleh keinginan dan perlu media  untuk menuangkan ide- ide yang kepikiran terus menjelang tidur dan bangun pagi. Berawal dari keanggotaan saya sebagai anggota teater kampus saat itu saya masuk kedalam lingkungan orang – orang positif yang terbuka, penuh toleransi dan pekerja keras. Saya mulai diajak gabung untuk mencipta dan mengapresiasi. Saya dipertemukan dengan teman-teman yang berbeda latar belakang dengan skill dan karakter yang heterogen. Beberapa kawan dari  sastra, rupa, tari dan musik banyak mempengaruhi, menginspirasi  dan berkolaborasi dalam berkarya.

Saya pun mulai belajar dan menulis beberapa karya sastra seperti puisi, cerpen, cerbung dan novel. Saya hampir menyukai seluruh bentuk seni, baik rupa ataupun gerak. Jika ada waktu senang sekali kalo saya bisa datang dan mengpresiasi pameran atau pertunjukan seni. Pameran lukisan, workshop, pemutaran film, pertunjukan teater, budaya, tari, bedah buku atau sekedar melihat-lihat apapun yang indah dan klik di hati. Saya merasa terpesona dan jatuh hati pada pandangan pertama (maaf agak lebay hehe)

Dari buku yang sempat say abaca, benar sekali apa yang dikatakan oleh filsup Aristoteles.  Seni merupakan bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan yang ada. Secara keseluruhan semua orang menyukai keindahan, dan itu menandakan semua orang menyukai seni, hanya jenis dan takarannya yang berbeda-beda.


 
 Fungsi seni itu banyak sekali ragamnya diantaranya  sebagai fungsi individu yang bermanfaat untuk kebutuhan fisik, hal ini  karena manusia pada hakikatnya adalah mahluk homofaber yang memiliki kecakapan untuk mengapresiasi pada keindahan dan kenyamanan bathin. Seni juga berfungsi untuk pemenuhan kebutuhan emosiaonal.  Karena setiap orang memiliki pengalaman hidup  yang berbeda. Seseorang sangatlah mempengaruhi sisi  emosional atau perasaannya. Sebagai contoh perasaan sedih, lelah, letih, gembira, iba, kasihan, benci, cinta, dll. Manusia dapat merasakan semua itu dikarenakan didalam dirinya terkandung dorongan emosional yang merupakan situasi kejiwaan pada setiap manusia normal. Untuk memenuhi kebutuhan emosional manusia memerlukan dorongan dari luar dirinya yang sifatnya menyenangkan, memuaskan kebutuhan batinnya seperti  rekreasi, menonton film dibioskop, hiburan, teater, dan musik. Fungsi lainnya adalah fungsi social seperti religi, pendidikan, komunikasi, rekreasi, artistic daya guna dan kesehatan. Hm..banyak juga ya teman- teman fungsinya?

Education : Learning and Share
Pendidikan adalah hal lain yang saya sukai. Pendidikan sepanjang hayat  dan berbagi ilmu untuk sesama merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Ada beberapa alasan mengapa pendidikan itu penting untuk dikejar dan dibagikan kepada orang lain diantaranya karena :  pendidikan bisa menambah wawasan dan mengeluarkan  dari ketidaktahuan, lebih merasa percaya diri dan tidak mudah untuk didikte orang lain, terhindar dari upaya pembodohan dan eksploitasi, bekal untuk mencipta masa depan dan generasi lebih maju, membentuk kepribadian yang baik, menjadikan hidup lebih mudah, menaikan harkat dan martabat serta menjadi modal untuk hidup lebih baik dalam bersaing dan berkarya. Jadi kita belajar terus yuk, biar menambah rasa syukur kepada Tuhan dan nilai  kebahagian kita..




Culture: Tolerance, Value,  Empaty
Budaya merupakan tema yang yang  sukai, karena budaya cukup seksi untuk diikuti dan dipelajari. Beragam budaya bisa dipelajari dari mulai budaya local hingga internasional. Hampir semua orang suka dengan tema yang satu ini karena budaya itu cukup general dan mencakup banyak segmentasi, dari berbagai sisi untuk bisa di bidik. Yuk kita bidik bersama..

Budaya adalah cara hidup atau cara pandang yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya ini memang cukup luas cakupannya dan terbentuk dari sistem, pranata, kebiasan dan cipta dan karsa  yang melibatkan unsure- unsure yang rumit termasuk di dalamnya sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian,bangunan dan karya seni.

Ada banyak peristiwa yang begitu saja terlewati tanpa disadari. Terkadang kita melewati tempat- tempat sejarah ataupun susana sacral begitu saja tanpa ingin mengetahui history tempat atau cerita  yang ada didalamnya. Kita lupa akan jejak sejarah di dalamnya baik dari segi history, geografis ataupun psikologis.  Padahal ada nilai- nilai budaya yang terkandung di dalamnya yang sangat menarik untuk di ungkap. 


Dengan menuliskan di blog kemungkinan terbesar adalah akan mencari informasi terkait dan  bisa share info kepada yang memerlukan.Sebenarnya ada keuntungan lain yang bisa didapat  dengan mengetahui sejarah dibaliknya dan mempelajari budaya terkait. Yaitu  akan semakin besar rasa toleransi, empati dan nilai-nilai yang bisa dibangun terhadap hasil cipta, karsa dan karsa manusia tersebut. Ini kayaknya keywordnya ya teman-teman..


Nah tiga alasan tersebut yang menjadi motivasi untuk menulis, semoga bisa konsisten menulis  agar bisa lebih banyak berbagi dan saling mengapresiasi..

Salam dan semangat teman-teman...

Bandung 25 Nov 2018 





No comments

Wisata Sejarah : Jejak Peristirahatan Bosscha di Malabar Bandung

IDEAIDEALY.COM - Hi Dears pasti sudah tahu dong sama Bosscha? Tokoh sejarah yang satu ini memang sangat fenomenal dan ba...