Idea-idealy

Wisata Budaya: Pencak Silat, Seni Bela Diri Nusantara

Share:



IDEAIDEALY.COM - Hi Dear kali ini aku akan share info budaya tentang seni pencak silat. Menonton pertunjukan ini membuat tak bisa beranjak dari tempat duduk. Gerakannya yang mempesona dan musik pengiring yang khas membuat para penonton fokus dan terbawa suasana yang membutuhkan pemaknaan dan  konsentrasi tingkat  tinggi. Istilah-istilah dunia persilatan seperti kuda-kuda, jurus, kuncian dan sapuan  membuat asosiasi bertambah kuat dengan kisah para pendekar yang tampan dan gagah berani. Wow masih adakah di zaman kekinian sang pendekar berkelana? Yuks kita simak riwayatnya kenapa seni warisan budaya nusantara ini makin kesini semakin membumi dan diminati oleh berbagai kalangan?

Pencak Silat Riwayatmu Dulu
Pencak silat merupakan aliran beladiri tradisional yang berasal dari Indonesia  sudah ada sejak tahun 1948. Kata Pencak berasal dari Jawa dan silat berasal dari Sumatra. Kini seiring zaman istilah pencak memiliki makna gerakan yang memiliki unsur seni yang mengedepankan keindahan sedangkan istilah silat merupakan ajaran atau aliran bela diri dalam dunia pertarungan. Seni bela diri ini kini sudah semakin meluas dan dikenal hingga ke  Malaysia, Filipina, Brunai, Singapura dan Thailand Selatan.


Pencak Silat Seni Yang Sarat Nilai
Pencak silat merupakan seni beladiri yang kompleks dan sarat nilai. Setiap gerakan yang ditampilkan memiliki unsur-unsur yang saling mendukung antara satu dan lainnya sebagai penyeimbang kekuatan diri dan bentuk dari spiritual diri. Dalam gerakan pencak silat terdapat Aspek budaya dan seni hal ini terlihat dari keluwesan gerak tubuh dan tarian yang tematis serta unsur musik/tetabuhan  dan busana traditional. Kemudian aspek yang terkandung lainnya adalah olahraga, dalam pencak silat terdapat kompetisi melalui pertandingan dan demonstrasi bentuk jurus- jurus baik secara individual ataupun berkelompok/regu. Aspek yang lainnya adalah aspek spiritual, dalam seni ini unsur doa serta penyerahan diri terhadap Tuhan semesta begitu dekat, dimana seseorang harus memiliki ahlak mulia dan kebaikan-kebaikan diri untuk bisa mendapatkan ilmu dan kebatinan yang tinggi.

 Dinamika Pencak Silat Kini
Pada tahun 1997 pencak silat sudah menjadi warisan budaya Indonesia melalui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dunia (Intangible Cultural World Heritage) hal tersebut untuk mendapatkan pengakuan secara international dan memiliki peluang dalam olimpiade serta Indonesia sebagai negara yang memiliki nilai-nilai budaya tinggi yang terkandung dalam silat. Kini di Indonesia setiap empat tahun sekali, pencak silat masuk kedalam pertandingan pekan olahraga nasional. Munculnya padepokan - padepokan silat di berbagai wilayah menandakan seni ini memiliki peminat dihati masyarakat. Seni ini bukan hanya sekedar bentuk  beladiri namun kini bertambah fungsi menjadi seni yang mampu menyatukan bangsa melalui unsur budaya, spirit, keberanian, kerjasama dan pemersatu. Seni beladiri umumnya bisa diikuti oleh siapa aja dan tampilan panggungnya pun bisa dimana saja, sederhana dan tidak ekslusive namun nilai-nilai yang terkandung didalamnya sangat luas. No culture can live if it attempts to be exclusive


#silat#pencaksilat#budayaindonesia#budayanusantara#cultureart#culturetourism#bloggerindonesia













No comments

Wisata Sejarah : Jejak Peristirahatan Bosscha di Malabar Bandung

IDEAIDEALY.COM - Hi Dears pasti sudah tahu dong sama Bosscha? Tokoh sejarah yang satu ini memang sangat fenomenal dan ba...