Idea-idealy

Create and share all of ideas

Strategi dan Indikator Pemberdayaan

Share:



IDEAIDEALY.COM- Kita lanjutkan materi edukasi selanjutnya ya. Menurut Thomas dan Velthouse (1990) dalam Pragiwani (2018) terdapat 4 (empat) dimensi yang menjadi indikator pemberdayaan karyawan adalah:

1.   Meaning (Tujuan), mengacu pada sejauh mana karyawan memiliki rasa tujuan atau hubungan pribadi tentang pekerjaannya.

2.   Competence (Kompetensi), mengacu pada sejauh mana bahwa ia memiliki keterampilan dan kemampuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

3.   Self determinant (Rasa kebebasan), mengacu pada sejauh mana karyawan memiliki rasa kebebasan tentang bagaimana individu melakukan pekerjaannya dalam perusahaan.

4.   Impact (Pengaruh), mengacu pada sejauh mana karyawan percaya bahwa ia dapat mempengaruhi sistem organisasi di mana ia bekerja.

Adapun indikator yang menjadi tolak ukur pemberdayaan adalah:

1.   Pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu

2.   Pekerjaan yang dilakukan sangat penting dan berarti bagi individu

3.   Keinginan memberikan yang terbaik bagi perusahaan

4.   Rasa percaya diri pada kemampuan individu

5.   Keinginan untuk mencapai target

6.   Kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan

7.   Kemampuan dalam mengelola pelanggan

 

 


Strategi Pemberdayaan

Adapun strategi pemberdayaan karyawan yang bisa dilakukan melalui oleh perusahaan menurut Priansa (2017: 166) adalah:

1.   Berhubungan dengan visi: Pemberdayaan pegawai hendaknya sesuai dengan visi, misi, dan nilai-nilai yang ada diperusahaan agar sejalan dengan tujuan.

2.   Komunikasi aktif: Pemberdayaan membutuhkan komunikasi yang baik dan berkelanjutan agar mampu berjalan dengan baik.

3.   Dukungan Struktur Perusahaan: Struktur dan birokrasi perusahaan memudahkan koordinasi dan pengambilan keputusan antar pegawai

4.   Menguatkan Tim Kerja: Melalui tim yang solid dan kuat arus informasi dan ide-ide akan bersinergis dengan kerjasama tm yang salin mendukung.

5.   Mendorong Pengembangan Pribadi: Pemberdayaan pegawai mendorong pengembangan aspek individual sehingga setiap individu mampu mengambil keputusan serta memiliki kepercayaan diri dan tanggung jawab berkaitan dengan keputusannya.

6.   Mendorong Pegawai Bertalenta: Pemberdayaan pegawai harus mampu mendorong dan mengindentifikasi bakat-bakat yang ada sehingga bakat tersebut dapat dikembangkan dan menunjang kinerja yang tinggi.

7.   Fokus kepada Pelanggan: Pemberdayaan harus mampu mendorong peningkatan layanan pegawai sehingga pelanggan internal ataupun eksternal akan puas terhadap kinerja pegawai.

8.   Pengukuran Perkembangan: Perusahaan perlu menentukan ukuran perkembangan dan menentukan tingkat keberhasilan sehingga pegawai memahaminya.


 

Semoga bermanfaat ya,

Salam-Edukasi-Idealy


Tidak ada komentar

Pertemuan Senja Yang Tidak Ingin Dikatakan Tua- Sebuah Novel Romantis

  Sinopsis Pertemuan Senja adalah sebuah pertanda, bukti kehidupan yang berproses dari sekumpulan rasa, persepsi, hasrat, kemelut, marah, su...