Idea-idealy

Create and share all of ideas

Konsep Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management)

Share:

 


WWW.IDEAIDEALY.COM- Manajemen Pengetahuan atau Knowledge Management merupakan suatu solusi yang ditempuh perusahaan sebagai jalan keluar dari permasalahan dan sebagai inovasi atau pengembangan ide dari pengetahuan/keterampilan/sistem yang sudah ada. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan keunggulan kompetitif karyawan itu sendiri, sehingga perusahaan bisa lebih siap  menghadapi tantangan bisnis pada masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Hal ini sejalan dengan pendapat Tobing (2007) dalam Nisa (2016) manajemen pengetahuan adalah pengelolaan knowledge perusahaan dalam menciptakan nilai bisnis dan menghasilkan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan dengan mengoptimalkan proses penciptaan, pengkomunikasian, dan pengaplikasian semua knowledge yang dibutuhkan dalam rangka pencapaian tujuan bisnis.

Menurut Ababneh dan Hatamleh (2013) dalam Abualoush (2018) “Knowledge management is a process that includes creating the knowledge, finding it, and passing it in a consistent manner and learns to use it to achieve the goals.” Menurut definisi di atas dapat diartikan manajemen pengetahuan adalah proses yang mencakup penciptaan pengetahuan, menemukannya, dan meneruskannya secara konsisten dan menggunakannya sebagai pembelajaran  untuk mencapai tujuan.

Sedangkan menurut Honeycutt (2002) dalam Pragiwani (2018): “untuk menghasilkan kinerja yang baik, maka perusahaan membutuhkan sistem yang baik pula. Sistem ini bukan hanya peraturan atau standar yang ada melainkan juga melibatkan pihak-pihak yang terkait langsung yaitu sumber daya manusianya. Salah satu sistem manajemen yang menawarkan suatu disiplin yang memperlakukan intelektual sebagai aset yang dikelola adalah knowledge management.”



Menurut Davidson dan Voos (2002) dalam Anggapraja (2016) manajemen pengetahuan merupakan sistem yang memungkinkan perusahaan menyerap pengetahuan, pengalaman dan kreativitas para stafnya untuk perbaikan kinerja perusahan. Menurut Davenport dan Prusak (1998) dalam Tung (2018: 4) manajemen pengetahuan adalah upaya manajemen untuk secara eksplisit mencatat pengetahuan faktual dan pengetahuan tacit yang ada dalam perusahaan dalam rangka mencapai tujuan bisnis.

Sedangkan Barclay dan Murray (2002) dalam Kandau (2016) mendefinisikan  manajemen pengetahuan sebagai suatu aktivitas bisnis mempunyai dua aspek penting yaitu: (1) memperlakukan komponen pengetahuan dalam aktivitas-aktivitas bisnis yang direfleksikan dalam strategi, kebijakan, dan berbagai praktek perusahaan secara keseluruhan; dan (2) membuat suatu hubungan langsung antara aset intelektual perusahaan baik yang eksplisit maupun tacit untuk mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen pengetahuan didefinisikan sebagai melakukan apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari sumber pengetahuan. Secara umum, knowledge management berfokus pada pengorganisasian dan menyediakan pengetahuan penting, di manapun dan kapanpun dibutuhkan (Becerra-Fernandez dan Sabherwal, 2010) dalam Kurniawan (2018).

Dari beberapa definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Knowledge Management adalah usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang berguna dalam organisasi di antaranya membiasakan budaya komunikasi antar individu, memberikan kesempatan untuk belajar, dan menggalakan saling berbagi knowledge. Dari proses tersebut diharapkan setiap individu memiliki kompetensi yang unggul  dan keterampilan yang cukup serta dapat memanfaatkan informasi dan teknologi yang ada untuk peningkatan kinerja dan mengatasi persaingan bisnis di masa sekarang atau yang akan datang.

 

Salam-Edukasi-Idealy


Tidak ada komentar

Pertemuan Senja Yang Tidak Ingin Dikatakan Tua- Sebuah Novel Romantis

  Sinopsis Pertemuan Senja adalah sebuah pertanda, bukti kehidupan yang berproses dari sekumpulan rasa, persepsi, hasrat, kemelut, marah, su...