Idea-idealy

Create and share all of ideas

Wisata Glamping Lake side, Dibalik Sejarah Panorama Situ Cileunca ( Part 1)

Share:


IDEAIDEALY.COM- Hi Dears untuk yang suka camping tapi gak mau yang berat-berat bawaannya. Tapi bisa menikmati suana pagi dan dinginnya malam di tengah-tengah pepohonan. Ditemani gemerincik suara air dan kicauan burung. Tapi kamu males bikin api unggun untuk membuat secangkir kopi? Tapi pengen nongkrong di depan api unggun. Pengen nyanyi- nyanyi sambil curhat di sinari cahaya bulan tapi takut kegelapan. Tidak perlu bingung, datang kesini aja Glamping Lake Side tempatnya. Camping asik dapat segala fasilitas plus kalo bosen di tenda dikasih  Gazeboo juga untuk rebahan, selain itu masih  bisa menikmati breakfast roti plus selainya juga kopi dan aneka makanan khas sunda kaya bandrek dan bajigur, fasilitas dinner lengkap dengan menu khas tepi sungai mix modern kaya ikan bakar, roast beef, mashroom soup jugu krupuk krancinya asli Bandung dorokdok yang terbuat dari kulit kambing yang telah diolah plus malamnya bisa bakar-bakar jagung, aneka sosis baso dan chicken. Tempatnya di hutan tapi nuansanya kaya-kaya dimana gitu..

Dimanakah posisi Glamping Lake side?
Dimana sih Glamping Lake Side? Kok gak keliatan ya kalo dari depan? Nah tempat wisata tersebut ada dibalik danau Situ Cileunca. Area perkempingan yang fenomenal itu memang gak nampak dari jalan. Jangan berharap ada emang-emang baso lewat ya. Kecuali tukang Cuanki itulah keajaiaban nya. Diarea perkemahan Lake side kita masih bisa jajan baso khas orang Bandung yaitu baso Cuanki. Wow kok bisa? Bisa laa kan untuk sampai ke area perkempingan kita akan disebrangkan oleh petugas dengan menggunakan perahu. Membutuhkan waktu 10 -15 menit sampailah di area terpencil dan terisolasi kemugkinan besar mamang cuankinya ikutan naik hehe. Sekitar perkemahan nampak rimbun dan alami, berderet teda-tenda perkemahan yang terkesan sunyi sepi. Hm inilah serunya glamping, camping tapi kaya liburan di villa juga. Gak perlu takut atau khwatir gak bisa update status kok, masih ada listrik dan juga internet kok hehe

Lake Side di Balik Sejarah Situ Cilenca
Situ Cileunca adalah sebuah bendungan atau danau buatan  yang di buat selama 7 tahun yaitu kurun waktu 1919-1926 atas prakarsa seorang Belanda bernama Kuhlan. Dulu Pangalengan merupakan daerah subur penghasil teh dan kopi sedangkan Situ Cileunca berupa hutan belantara yang belum digarap. Bendungan  itu  di bangun untuk pembangkit tenaga listrik. Situ Cileunca  Letaknya berada diantara 2 desa yaitu desa Pulosari dan Warnasari kecamatan Pangalengan. Situ Cileunca 1 memiliki luas 210 hektare dan situ Cileunca 2 seluas 180 hektare dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang indah. Situ Cileunca memiliki kedalaman hingga 17 meter. Air yang mengalir dari danau tersebut dialirkan ke sungai palayanagn yang kini difungsikan sebagai media arung jeram.



Menu Asli Sunda  di tepi Danau
Camping di sini sebenernya gak usah bawa perlengkapan kecuali pakaian ganti aja. Semua sudah disiapkan. Saat itu kita datang sewa family grup yang Cuma 4 orang aja tapi mendapatkan service dan fasilitas yang asyik dan memuaskan. Dapat Gazeboo dan tenda satu. Lumayan siang datang dan tidak bisa mengikuti acara lainnya yang super seru kaya rafting, paint ball, flaying fox, keliling perahu atau kejembatan cinta dan fasiltas lainnya kaya ke kebun stroberry atau keliling naik perahu. Pokoknya saat itu Cuma pengen lenje-lenje santai aja bakar-bakar dan bikin api unggun tengah malam cukup deh. Walo telap kita masih dapat lunch loh dan makanan cemilah kopi, gula, air hangat tersedia semua di gazebo. Wah pokoknya seru dan kenyang deh asli makanan yang disuguhkan dari mulai makanan sunda, ayam bakar, karedok, sambal, lalap, ikan asin sampe sayur asem bisa dinikmati sambil memandang danau. Cemilan pun berdatangan dari mulai gorengan, kacang rebus, umbi2 sampai banyak berlimpah….


Sarapan Pagi Ditemani Senyuman si Mentari
Kabut Pagi semakin menepi. Bulan berganti mentari. Dari hari ke hari waktu membumi. Dan dirimu tak tampak tersapu angin. Diantara derai air dan senyapnya pagi, kita saling mengintip sunyi. Wadah..skok jadi mellow malehoy gini sih haha. Dizamin berlibur kesini Otak terasa segar dan ide-ide kreatifpun bermunculan. Energi kembali terisi siap menapaki hari dengan penuh syukur dan semangat. Nah itulah efek berlibur ditempat yang tepat. Fressh. Yuks sarapan dulu sambil menikmati kopi dan roti..


Berdiam di Antara Hamparan Air
Untuk fasilitas cukup lengkap dan susunan acara yang dibuat panitiapun bebas  boleh diambil atau tidak. Untuk menikmati suasana nan cantik dan indah paket family ini terbilang murah dengan membayar Rp.350.000/orang bisa 3-4 orang saja sudah bisa menikmati fasilitas yang asyik. Kalo ada waktu sih pingin main ke jembatan cinta, kaya rafting 2-3 km keliling Situ atau tracking ke Gunung Malabar, Arung Jeram ke sungai Palayangan, ambil strawberry dan paint Ball ke kebon kopi semua itu bisa dicoba dan gak usah bayar lagi. Kalo gak mau ya cukup jalan-jalan atau santai-santai aja di Gazebo atau tenda cantik sambil curhat2 asyik di tepi danau dan dibawah sunrise juga menyenangkan loh..


Berjalan Menyelusuri Tepi Danau,
Suasana pagi memang bagus untuk jalan, selain mataharinya bagus untuk kulit juga udara terasa segar, menelusuri tepian danau sambil melihat-lihat perkemahan adalah hal yang menarik. Sambil memanaskan badan untuk mandi pagi karena airnya dingin sekali. Sekali-sekali berkenalan dan bersosialisasi dengan penghuni tenda lainnya. Selain wisata edukasi dan alam juga meningkatkan hubungan social juga dengan pengunjung sekitarnya jadi nambah kenalan baru deh. Pastinya wisata model gini layak dicoba dears..(continued part 2)

 Salam,





2 komentar

Dyah mengatakan...

Eh, saya baru denger ada Situ Cileunca. Tempatnya menyepi begitu ya. Seru nih buat staycation keluarga. Tapi sinyal hape (selain Telkomsel) lancar gak ya?

uly mengatakan...

Sinyal lancar Mba Dyah telkomsel oke laa.15 Menit menyepi dari keramaian Mba, jadi dibalik Situ Cileuncanya, untuk akses jalan sih dah enak berasapal dan mulus..

Konsep dan Manfaat Pemberdayaan (Empowerment)

IDEAIDEALY.COM -   Pemberdayaan ( empowerment ) secara etimologis berasal dari kata daya yang berarti kemampuan untuk melakukan sesuatu at...