Idea-idealy

5 LANGKAH MEMBUKA BISNIS DI TAHUN 2019

Share:


       Memasuki bisnis di tahun 2019 diperlukan ide dan inovasi yang cukup kreatif. Para pelaku bisnis baru  sekarang bisa dimudahkan dengan berbagai teknologi yang serba canggih. Asalkan pelaku bisnis memiliki motivasi dan kerja keras serta  semangat dalam membuka usaha baru, berbisnis  bukan lagi hal yang sulit untuk diwujudkan. Membuka bisnis baru atau belajar entrepreneurship sepertinya adalah solusi yang cukup menjajikan untuk meramaikan pergerakan ekonomi saat ini. Beragam ide dan jenis usaha bisa menjadi alternative untuk melatih diri menjadi wirausaha baru.
    Sebelum memulai bisnis baru ada baiknya melakukan berbagai analisa dulu agar ketika membuka usaha baru kita bisa membaca marketnya dan memiliki management risknya untuk antisipasi dikemudian hari. Tahap awal sebelum membuka usaha ada baiknya melakukan hal dibawah ini :
1  
       Menganalisa pasar / riset pasar
Riset pasar diperlukan untuk mengetahui info secara lengkap dari 3 sisi potensi wilayah tersebut yaitu secara geografis, historis dan psikologis. Ide kreatif yang muncul dalam berbisnis tidak akan terealisasikan dengan baik apabila tidak memperhatikan faktor-faktor eksternal disekitarnya. Riset pasar diperlukan untuk mengetahui sejauh mana ide dan gagasan kita akan terealisasi dengan membangun bisnis di tempat tersebut. Faktor budaya dan kebiasaan masyarakt sekitar akan menjadi tolak ukur untuk wirausaha baru dalam menentukan ruang gerak produksinya.



         Menentukan tujuan, visi dan misi perusahaan.
Visi dan misi perusahaan sangatlah penting . Karena pengusaha harus menentukan kearah mana bisnis dan targetnya akan dijalankan. Penentuan tujuan yang jelas akan membuat para pengusaha mngetahui strategi bisnis apa yang akan digunakan. Tujuan perusahaan bisa di turunkan kedalam tujan jangka pendek, menengah dan Panjang. Hal itu agar pengusaha dapat mendeteksi dan membaca progressnya perusahaan secara berkala. Dengan adanya misi perusahaan dapat dibuat penilaian tersendiri melalui key performance indicator yang akan menjadi parameter perusahaan dalam menilai kinerja karyawannya nanti.

3       Menentukan Profile dan Branding Perusahaan
Ini dia yang tidak boleh terlewati profile company sangat penting. Karena public akan membaca dan mengetahui gambaran perusahaan dengan jelas dari profile tersebut. Diperlukan inovatif dan kreatifitas agar branding perusahaan ini tampak menarik di mata khalayak. Hal ini pun akan menunjukan seberapa besar tingkat professional usaha kita dalam menjalankan bisnis tersebut.




4      Plan bisnis dengan Analisa SWOT  
Plan bisnis sangat diperlukan untuk menentukan arah pertumbuhan dan masa depan bisnis kita. Untuk memudahkan dalam memetakan rancangan strategis bisnis bisa dengan menggunakan Analisa SWOT ( Strengths, Weakness, Opportunities dan Treats) atau memetakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam perusahaan. Hal tersebut agar kedepannya bisa menentukan management risk yang akan diambil untuk mengatasi hambatan yang mungkin akan terjadi.

     Tentukan Rencana Marketing  dengan Konsep P4
Dalam menjalankan bisnis, marketing merupakan tolak ukur majunya sebuah perusahaan selain human resources management yang kompeten. P4 merupakan konsep  dalam marketing untuk menganalisa product, price, placement and promotion. Keempat factor diatas merupakan hal penting dalam memulai bisnis baru agar investasi yang sudah ditanamkan oleh pengusaha mendapatkan profit yang maksimal atau perusahaan bisa  survive dalam menjalankan bisnisnya.

Nah demikian 5 langkah plan bisnis di tahun 2019  yang bisa di share semoga bermanfaat dan menambah passion untuk sama-sama belajar membuka bisnis baru dan resolusi baru di tahun 2019.

Salam,

 #IniSaatNya #ResolusiBisnis2019
#blogkompetisibersamararali.com
#starupbisnis
#enterpreneur


Tidak ada komentar

Wisata Kuliner : Pedas Menantang Sambal Dower Bandung

IDEAIDEALY.COM- Hi Dears lama nih gak sharing info buat culinary. Maklum ya banyak date line yang kejar-kejaran (sosibuk banget sih ...