Idea-idealy

Create and share all of ideas

Konsep dan Manfaat Pemberdayaan (Empowerment)

Share:



IDEAIDEALY.COM-  Pemberdayaan (empowerment) secara etimologis berasal dari kata daya yang berarti kemampuan untuk melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak. Mendapat awalan “ber-” menjadi ‘berdaya’ artinya berkekuatan, berkemampuan, bertenaga, mempunyai akal (cara dan sebagainya) untuk mengatasi sesuatu. Mendapat awalan dan akhiran “pe-an” sehingga menjadi pemberdayan yang dapat diartikan sebagai usaha/proses menjadikan untuk membuat mampu, membuat dapat bertindak atau melakukan sesuatu, baik sikap atau perilaku.

Definisi Pemberdayaan

Stewart (2008) dalam Priansa (2017: 158) menyatakan bahwa secara etimologis pemberdayaan berasal dari kata power yang berarti kekuasan, yaitu kemampuan untuk megusahakan agar sesuatu itu terjadi ataupun tidak.  Sedangkan menurut Thomas dan Velthouse (1990) dalam Pragiwani (2018) beragumentasi bahwa pemberdayaan merupakan suatu yang multifaceted yang esensinya tidak bisa dicakup dalam satu konsep tunggal. Dengan kata lain pemberdayaan mengandung pengertian perlunya keleluasaan kepada individu untuk bertindak dan sekaligus bertanggung jawab atas tindakannya sesuai dengan tugas yang diembannya. Konsep pemberdayaan ini juga berarti bahwa seseorang  akan mampu untuk berperilaku secara mandiri dan penuh tanggung jawab.  Pemberdayaan karyawan menurut Clutterbuck dalam Priansa (2017: 158) menyatakan bahwa pemberdayaan merupakan upaya mendorong dan memungkinkan individu-individu untuk mengemban tanggung jawab pribadi atas upaya mereka memperbaiki cara melaksanakan pekerjaan dan menyumbang pencapain berbagai tujuan perusahaan. Pemberdayaan karyawan (employee empowerment) merupakan hal yang sangat penting untuk kelangsungan organisasi perusahaan. Hal ini sejalan dengan pendapat Ongori (2009) dalam Ukil (2016): “Employee empowerment is very crucial for the survival and success of an organization, and it gives employees a sense of feelings that they are the core assets to the organizational success, creates commitment and a sense of belonging, builds trust, promotes effective communication, and increases organizational effectiveness and employee wellbeing.” Pemberdayaan karyawan sangat penting untuk kelangsungan hidup dan kesuksesan suatu organisasi, selain itu pemberdayaan dapat memberi karyawan perasaan mereka adalah aset inti, untuk kesuksesan organisasi, komitmen dan rasa memiliki, membangun kepercayaan, mempromosikan, komunikasi yang efektif, dan meningkatkan  efektivitas organisasi dan kesejahteraan karyawan itu sendiri. Menurut Khan (2007) dalam Priansa (2017: 159) menyatakan bahwa pemberdayaan merupakan hubungan antar individu yang berkelanjutan untuk membangun kepercayaan antar pegawai dan manajemen perusahaan. Sejalan dengan itu, Cook dan Macaulay (1997) dalam Wibowo (2017: 350) menyatakan bahwa pemberdayaan merupakan perubahan yang terjadi pada falsafah manajemen yang dapat membantu menciptakan suatu lingkungan di mana setiap individu dapat menggunakan kemampuan dan energinya untuk meraih tujuan organisasi. Dari beberapa definisi di atas pemberdayaan merupakan strategi yang digunakan oleh perusahaan melalui pemberian tanggung jawab dan keterlibatan langsung kepada pegawai untuk mengemban pekerjaan dan berkontribusi dengan maksimal. Dengan rasa berdaya dan tanggung jawab yang dimilikinya, pegawai mempunyai otonomi yang cukup dan memiliki kesempatan yang cukup untuk memutuskan terkait berbagai hal dengan tugas dan pekerjaan yang diembannya dalam perusahaan.

 


          Manfaat Pemberdayaan

Pemberdayaan merupakan strategi yang lebih bersifat kombinasi antara top-down dan bottom-up karena pegawai melibatkan dirinya pada proses yang lebih kreatif dan inovatif serta penuh dengan kemandirian. Adapun manfaat pemberdayaan bagi perusahaan menurut Priansa (2017: 161) adalah:

Manfaat Pemberdayaan

No.

Manfaat

Penjelasan

1.

Pegawai berbakat

Pemberdayaan mampu memberikan informasi paling terkait dengan pegawai yang berbakat yang ada di perusahaan

2.

Suplai calon pimpinan perusahaan

Pemberdayaan mampu memetakan calon penting yang akan memegang peranan strategis bagi perusahaan masa yang akan datang

3.

Efektivitas perusahaan

Pemberdayaan dapat meningkatkan kinerja perusahaan karena pegawai yang diberdayakan mampu memutuskan sendiri hal-hal yang seharusnya dilakukan

4.

Pembelajaran atas Risiko

Pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi pegawai dalam proses pembelajaran perusahaan serta pengambilan risiko atas pekerjaan yang diemban.

5.

Pengalaman mengemban tugas tertentu

Pemberdayaan merupakan fondasi penting bagi pegawai dalam mengemban tugas tertentu sehingga tugas tersebut memberikan pengalaman berharga bagi diri pegawai dan dijadikan pedoman dan rujukan bagi pegawai untuk mengemban tugas di masa yang akan datang.

Sumber: Priansa, (2017: 161


Sedangkan manfaat pemberdayaan menurut Wibowo (2012: 424) adalah:

1.         Menimbulkan perasaan puas untuk mengambil tanggungjawab dalam menjalankan tugasnya dengan melakukan sesuatu yang berharga dengan memperoleh kesenangan dalam melakukan komunikasi.

2.         Meningkatkan kepercayaan diri dalam menjalani sesuatu sehingga dapat meningkatkan kepuasan kerja seperti kerjasama yang lebih dekat dengan orang lain, bekerja dengan tujuan lebih jelas dan mendapatkan prestasi apabila tujuan telah tercapai.

3.         Pemberdayaan dalam organisasi akan meningkatkan kinerja organisasi dan karyawan dapat mengembangkan bakatnya secara penuh. Karyawan akan menguasai pemahaman dan keterampilan baru serta memberikan kesempatan untuk melihat sesuatu dengan berbeda, mereflesikan apa yang dilihat dan mengembangkan keterampilan baru.

 

 

                      Sampai nanti di catatan selanjutnya, semoga bermanfaat ya..

                        Salam-Edukasi-Idealy

Tidak ada komentar

Konsep dan Manfaat Pemberdayaan (Empowerment)

IDEAIDEALY.COM -   Pemberdayaan ( empowerment ) secara etimologis berasal dari kata daya yang berarti kemampuan untuk melakukan sesuatu at...