Idea-idealy

Create and share all of ideas

Tebing Breksi Semakin Beraksi - Wisata Kekinian di Jogjakarta

Share:





IDEAIDEALY.COM- Hi Dears semoga sehat selalu ya, kali ini aku bawakan salah satu wisata dari Jogjakarta yang tak kalah seru dengan tempat-tempat wisata lainnya di Nusantara ini. Nanti bisa jadi alternatif untuk dijadikan destinasi wisata kamu-kamu Dears.


Tebing Breksi Semakin Beraksi- Wista kekinian
Tebing Breksi terletak di Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penduduk Sekitar memiliki ide inovatif dan kreatif menyulap kawasan pertambangan ini menjadi kawasan wisata. Pertambangan batu alam sudah ditutup pemerintah dari tahun 2014 karena alasan merusak ekosistem dan lingkungan hidup.


Sejarah Tebing Breksi- Abu Vulkanik Gunung Api Purba
Sri Sultan Hamengku Buwono X menandatangani prasasti pada Mei 2015  yang menyebutkan Taman Tebing Breksi sebagai lokasi cagar budaya. Sebelumnya  bukit kapur yang terletak di Kelurahan Sambirejo, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta itu merupakan lokasi tambang batu breksi yang jadi pendapatan utama warga di sekitarnya. Kini posisi Taman Tebing Breksi dijadikan sebagai cagar budaya. Secara geologis  Batu kapur breksi di tebing ini rupanya merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Itulah mengapa Taman Tebing Breksi dilestarikan, sama halnya dengan Candi Ijo dan Candi Ratu Boko yang terletak di kawasan yang sama. Taman Tebing Breksi merupakan bongkahan tebing dengan beberapa sisi yang sengaja dipahat oleh seniman lokal.


Kreatifitas Seniman Lokal-  Seni Pahat Bermakna Tinggi
Suguhan lainnya di Taman Tebing Breksi, selain pahatan raksasa di beberapa sisinya, adalah pemandangan dari puncak tebing. Terdapat tangga yang mengantar wisatawan naik dari kaki sampai puncak tebing. Begitu tiba di puncaknya, pengunjung bisa melihat panorama Candi Ijo dan Candi Ratu Boko berlatar Gunung Merapi dan Merbabu. Di bagian kaki tebing juga terdapat Teatar Seneng, sebuah amphiteatre yang rencananya akan digunakan sebagai tempat pertunjukan.


Wisata Tebing Breksi adalah wisata dengan banyak pesona, ditambah dengan  suasana pegunungan yang asri, deretan  batu-batu raksasa dan seni pahat  yang ada serasa berada masa megalitikum atau zaman batu besar sekitar tahun 2500 hingga tahun 1500 SM hehe. Ya bersyukur dan takjub nih bisa menikmati view yang ada.



Beberapa tempat yang cukup unik dan kreatif dan banyak diminati wisatawan adalah berfoto di property unik lainnya, dengan spot hasil produk seniman lokal seperti gambar hati, kupu-kupu terbang, panah asmara, bunga mekar, perahu dan lainnya. Sentuhan kekinin yang hangat, ceria dan berwarna-warni dengan property berbahan dasar kayu, besi  dan cat minyak serta dekorasi lainnya menambah keceriaan tempat wisata yang satu ini.Kamu bisa beraksi jadi tokoh apa aja juga bisa disini. Boleh coba aja dan jangan lupa sedikit berimajinasi ya biar keluar karakter penokohannya..

Nah selain tempat diatas masih banyak  wahana lain yang tak kalah seru untuk di nikmati dan cukup menarik untuk di jadikan tempat berfoto supaya perjalanan kamu tmbah seru. Yuk datangi wisata lokal lainnya di Nusantara tercinta yang masih banyakkk banget untuk bisa dikunjungi.



Nah semoga infonya bermanfaat ya, sampai ketemu di cerita selanjutnya..
Salam-Idealy



#wisatanusantara#wisataindonesia#indnesiatourism#culturetourism#visitjogjakarta#historytourism
#cintaindonesia#culturtravel#blogerindonesia#artandculture


2 komentar

Bara Anggara mengatakan...

bagus konsepnya,, dulu tambang menjadi mata pencaharian utama masyarakat sekitar,, sekarang tambang ditutup, situsnya dijadikan tempat wisata, masyarakat tetap mendapat penghasilan, nice..

-traveler paruh waktu

ully mengatakan...

yup jadi kawasan eko wisata nih, plus wadah buat seniman lokal berkreasi. Multifungsi..

Wisata Sejarah Situs Batu Kuda -Jejak Peninggalan di Tepi Gunung Purba Bandung

  IDEAIDEALY.COM- Hi Dears apa kabarnya semoga sehat selalu ya. Kali ini aku mau share info tentang salah satu situs wisata purba yang ada ...