Idea-idealy

Knowledge Management (Part 1)

Share:
IDEAIDEALY.COM- Hi Dears ketemu lagi nih, sudah siap dong back to study setelah sekian lama asyiknya menikmati liburan. Kali ini akan share info yang berkaitan dengan manajemen. Sudah pernah mendengar kan  istilah knowledge management ?Atau lupa-lupa ingat? Duh..Dears jangan lupa-lupa gitu dong nanti lupa beneran hehe.

Sebenarnya aplikasinya dari KM (Knowledge Management)  pasti sudah sering di pakai baik dalam dunia kerja, kampus ataupun kehidupan sehari-hari. Tetapi terkadang kita tak menyadarinya bahwa itu adalah satu rumpun ilmu yang kalo dibahas satu-satu menarik juga ternyata. Sebenernya apa itu Knowladge Management? Yuks kita simak infonya..

Apa itu Knowledge Management?
Manajemen Pengetahuan atau Knowledge Management merupakan suatu solusi yang ditempuh perusahaan sebagai jalan keluar dari permasalahan dan sebagai inovasi atau pengembangan ide dari pengetahuan/keterampilan/sistem yang sudah ada. Kenapa hal itu terjadi? Karena  hal ini dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan keunggulan kompetitif karyawan itu sendiri, sehingga perusahaan bisa lebih siap  menghadapi tantangan bisnis pada masa sekarang maupun masa yang akan datang. So, ilmu ini penting banget keberadaannya.
Terus apa itu sebenernya definisi dari knowladge manajemen? Kenapa sih setiap perusahaan perlu dengan keberadaan pengelolaan knowledge ini? Seberapa pentingnya dia di hati perusahaan? Ternyata dears dalam knowledge manajement ini terdapat beberpa komponen yang berguna bagi perusahaan dalam menciptakan value business dan menghasilkan keunggulan kompetitif serta  berkesinambungan dalam menjalankan roda bisnisnya. Ahay..ketemu nih kelebihannya.
Dalam KM itu ternyata terdapat beberapa proses yang penting untuk menumbuhkan tingkat knowledge para karyawannya. Mengapa demikian? Karena dalam KM terdapat suatu proses penciptaan, pengkomunikasian, dan pengaplikasian semua knowledge yang dibutuhkan dalam rangka pencapaian tujuan bisnis.


Apa kata Para Ahli Tentang KM ini?
Menurut  Ababneh dan Hatamleh (2013)  “Knowledge management is a process that includes creating the knowledge, finding it, and passing it in a consistent manner and learns to use it to achieve the goals.” Menurut definisi di atas dapat diartikan kalo  manajemen pengetahuan adalah proses yang mencakup penciptaan pengetahuan, menemukannya, dan meneruskannya secara konsisten dan menggunakannya sebagai pembelajaran  untuk mencapai tujuan.
Beda lagi menurut Davidson dan Voos (2002)  bahwa manajemen pengetahuan merupakan sistem yang memungkinkan perusahaan menyerap pengetahuan, pengalaman dan kreativitas para stafnya untuk perbaikan kinerja perusahan. Menurut Davenport dan Prusak (1998) dalam Tung (2018: 4) bahwa  manajemen pengetahuan adalah upaya manajemen untuk secara eksplisit mencatat pengetahuan faktual dan pengetahuan tacit yang ada dalam perusahaan dalam rangka mencapai tujuan bisnis.
Itu definisi dari KM dears  jadi kalo tiba-tiba office kamu tuh nyuruh training atau pelatihan terus itu adalah suatu bentuk dari KM ini, karena didalamnya terdapat proses interaktif dalam share ilmu. Terus kalo rumpi-rumpi pagi-pagi sambil ngopi atau ngeteh itu masuk dalam proses KM gak? Kan ada share ilmu juga walaupun kadang ditambahin gosip- gosip dikit? Nah nanti kita bahas ya di pertemuan selanjutnya tentang jenis, strategi,  juga contohnya ya dears, siapa tau kalo temen2 mau buka star-up business bisa di aplikasikan tuh beberapa teori KM diatas.

 Tetap semangat ya Dears apapun itu belajar dan mencoba pasti akan menghasilkan kesempatan yang lebih baik. Do your best at every opportunity that you have.Yuks yang suka diskusi  join sini..

Salam,



 #HRM#yukbelajar#MSDM#belajaronline#education#manajemensdm#edukasia#bloggerindonesia#bloggerperempuan#




No comments

Wisata Budaya : Eksisnya Tari Traditional di Zaman Modern

IDEAIDEALY.COM - Sudah bukan keanehan lagi jika memasuki era digital yang serba berbasis teknologi, fintech dan maraknya peranan o...